Sebenarnya Sulam Alis Tahan Berapa Lama sih kak? Yuk Simak ya
Close

Seberapa Lama Sih Sulam Alis Bisa Bertahan? yuk kita bahas

Seberapa Lama Sih Sulam Alis Bisa Bertahan? yuk kita bahas

Apakah kamu Pernah membayangkan bangun tidur dengan alis yang sudah rapi dan on point tanpa perlu repot menggambarnya setiap hari? Sebenernya Mimpi memiliki alis cetar memikat ini bisa diwujudkan dengan sulam alis! Tapi, seberapa lama sih keindahan sulam alis ini bisa bertahan?

Sulam alis menjadi tren kecantikan yang semakin diminati karena memberikan solusi praktis untuk mendapatkan alis ideal, rapi dan sesuai dengan wajah kita. Teknik ini melibatkan penanaman pigmen di lapisan kulit terluar yang juga epidermis untuk menciptakan ilusi alis yang lebih tebal, rapi, dan tegas.

Eits, tapi tunggu dulu! Sebelum kamu tergoda untuk mencobanya, penting untuk diketahui bahwa sulam alis bukanlah solusi permanen. Ketahanannya pun bervariasi, lho!

Di artikel ini, kita akan mengupas tuntas tentang Sulam Alis Tahan Berapa Lama mulai dari faktor-faktor yang memengaruhi ketahanannya, perbedaannya dengan tato alis, perawatan yang tepat, hingga alternatif lain untuk mempercantik alis. Yuk, simak!

Sulam Alis Tahan Berapa Lama

Sulam Alis Tahan Berapa Lama? Ini Faktor yang Mempengaruhinya!

Pada Umumnya, sulam alis dapat bertahan sekitar 6 bulan hingga 2 tahun. Namun, angka ini bukanlah patokan pasti. Ada beberapa faktor yang memengaruhi ketahanan sulam alis pada setiap individu, yaitu:

1. Jenis Kulit:

  • Kulit Berminyak: Pemilik kulit berminyak cenderung memiliki ketahanan sulam alis yang lebih singkat karena produksi minyak berlebih dapat membuat pigmen lebih cepat pudar.
  • Kulit Kering: Sulam alis cenderung lebih tahan lama pada kulit kering karena produksi minyak yang lebih sedikit.

2. Usia:

Seiring bertambahnya usia, proses regenerasi kulit melambat. Hal ini membuat pigmen sulam alis lebih lama memudar pada orang yang lebih tua.

3. Keterampilan Terapis/Ahli Sulam:

Keahlian dan teknik terapis dalam menanamkan pigmen sangat berpengaruh terhadap hasil dan ketahanan sulam alis.

4. Jenis Tinta yang Digunakan:

Kualitas dan jenis tinta yang digunakan juga berpengaruh terhadap ketahanan warna sulam alis.

5. Perawatan Setelah Sulam Alis:

Perawatan yang tepat setelah sulam alis sangat krusial untuk memaksimalkan ketahanannya.

Tips Memaksimalkan Ketahanan Sulam Alis:

  • Ikuti instruksi perawatan dari terapis dengan disiplin.
  • Hindari paparan sinar matahari berlebih pada area alis setelah sulam alis. Gunakan topi atau kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang lembut dan hindari produk yang mengandung bahan kimia keras pada area alis.

Sulam Alis vs. Tato Alis: Apa Bedanya?

Banyak orang yang masih keliru membedakan sulam alis dan tato alis. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut tabel perbandingannya:

AspekSulam AlisTato Alis
Kedalaman Penetrasi JarumLapisan kulit terluar (epidermis)Lapisan kulit yang lebih dalam (dermis)
Hasil AkhirLebih natural, menyerupai rambut alis asliLebih tegas dan pekat, seperti digambar
Ketahanan6 bulan – 2 tahun3-5 tahun, bahkan permanen
Proses PenyembuhanLebih cepat, sekitar 3-7 hariLebih lama, sekitar 1-2 minggu
HargaLebih mahalLebih terjangkau

Kesimpulan: Sulam alis merupakan pilihan yang lebih baik untuk mendapatkan hasil natural dan tidak permanen.

Perawatan Setelah Sulam Alis: Pantangan & Tips Bikin Cepat Sembuh

Perawatan setelah sulam alis sangat penting untuk mempercepat proses penyembuhan dan memaksimalkan hasilnya. Berikut hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan:

Boleh:

  • Cuci muka dengan lembut menggunakan air dan sabun berformula ringan. Hindari area alis saat mencuci muka.
  • Oleskan salep atau krim after care yang direkomendasikan oleh terapis secara teratur.

Tidak Boleh:

  • Menggosok, menggaruk, atau menyentuh area alis yang sedang dalam proses penyembuhan.
  • Menggunakan makeup di area alis hingga sembuh total.
  • Berenang, sauna, facial, scrubbing, atau melakukan aktivitas yang membuat area alis terpapar air dan keringat berlebih selama proses penyembuhan.

Bagaimana Proses Peel Off sulam alis:

Setelah sulam alis, kamu akan mengalami proses Peel off kulit di area alis. Hal ini wajar terjadi dan akan sembuh dalam beberapa hari. Jangan mengelupas kulit yang terkelupas secara paksa karena dapat menyebabkan infeksi dan pigmen warna yang tidak merata.

Efek Samping dan Risiko Sulam Alis: Kapan Harus Waspada?

Sulam alis umumnya aman dilakukan. Namun, seperti prosedur kecantikan lainnya, ada beberapa efek samping yang mungkin timbul, seperti:

  • Efek Samping Umum: Kemerahan, bengkak, gatal, dan sedikit rasa perih di area alis setelah prosedur. Biasanya, efek samping ini bersifat sementara dan akan hilang dalam beberapa hari.
  • Risiko Alergi: Pastikan kamu melakukan tes alergi terhadap tinta yang digunakan sebelum prosedur dilakukan, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif.

Pentingnya Memilih Terapis/Klinik yang Terpercaya:

Memilih terapis/klinik sulam alis yang terpercaya dan bersertifikat sangatlah penting untuk meminimalisir risiko efek samping dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Pastikan terapis menggunakan alat steril dan tinta berkualitas tinggi.

Sulam Alis Bisa Dihapus? Ini Pilihan Solusinya!

Meskipun tidak permanen, sulam alis dapat memudar secara alami seiring waktu. Namun, jika kamu ingin menghapusnya lebih cepat, ada beberapa metode yang bisa dilakukan:

  • Laser Removal: Metode ini paling efektif untuk menghapus sulam alis dengan menghancurkan pigmen warna menggunakan sinar laser. Namun, laser removal memerlukan beberapa sesi dan biaya yang relatif mahal.
  • Saline Removal: Metode ini menggunakan larutan saline (air garam) untuk mengangkat pigmen warna sulam alis. Saline removal lebih terjangkau daripada laser removal, tetapi hasilnya dapat bervariasi tergantung pada jenis kulit dan kedalaman pigmen.

Alternatif Lain untuk Mempercantik Alis

Jika kamu masih ragu untuk mencoba sulam alis, ada beberapa alternatif lain untuk mempercantik alismu:

  • Pensil Alis, Brow Powder, Brow Mascara: Produk makeup ini memberikan solusi praktis dan instan untuk mempertegas dan merapikan alis.
  • Henna Alis: Henna alis merupakan pewarna alami yang dapat memberikan warna kecoklatan pada alis. Henna alis memberikan hasil yang natural, tetapi ketahanannya lebih singkat dibandingkan sulam alis, yaitu sekitar 1-2 minggu.

Kesimpulan: Sulam Alis, Solusi Praktis untuk Alis Cetar Tahan Lama

Sulam alis merupakan solusi praktis untuk mendapatkan alis cetar yang tahan lama. Namun, ingatlah bahwa ketahanannya bervariasi pada setiap individu dan tidak bersifat permanen. Untuk mendapatkan hasil terbaik dan meminimalisir risiko, pilihlah terapis/klinik yang terpercaya dan bersertifikat. Konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya untuk menentukan teknik dan bentuk alis yang sesuai dengan karakteristik wajahmu. 

FAQ : Pertanyaan dan Jawaban tentang Sulam Alis

Q: Apakah sulam alis sakit? Sebelum prosedur dilakukan, terapis akan mengaplikasikan krim anestesi untuk meminimalisir rasa sakit. Rasa sakit yang ditimbulkan relatif minimal dan masih dapat ditoleransi.

Q: Apakah aman untuk ibu hamil/menyusui? Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum melakukan sulam alis jika kamu sedang hamil atau menyusui.

Q: Berapa biaya sulam alis? Biaya sulam alis bervariasi tergantung pada klinik, terapis, dan teknik yang digunakan. Umumnya, harga sulam alis berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp5.000.000.

This will close in 10 seconds