6 Perbedaan Sulam alis dan tatto alis? Wajib kamu baca
Close

Apa Bedanya Sulam Alis dan Tato Alis? Simak 6 Perbedaannya!

Apa Bedanya Sulam Alis dan Tato Alis? Simak 6 Perbedaannya!

Sulam alis dan tato alis itu berbeda, lho! Faktanya, masih ada beberapa orang yang belum paham yang menganggap sulam dan tato alis itu sama. Lalu, apa bedanya sulam alis dan tato alis? Pelajari lebih lanjut tentang perbedaan keduanya di bawah ini.   

Proses Pencukuran Alis

Baik sulam maupun tato alis, keduanya memang dimulai dengan melakukan proses pencukuran alis terlebih dahulu. Yang membedakan adalah volume alis yang dicukur. Anda hanya perlu mencukur sebagian alis saja saat melakukan sulam. Sebaliknya, Anda harus mencukur habis bulu alis terlebih dahulu sebelum proses penatoan. 

Proses Penyuntikan Tinta 

Proses sulam dan tato alis juga melibatkan penyuntikan tinta. Tinta akan disuntikkan di sekitar kulit alis. Perbedaan penyuntikan tinta pada sulam dan tato alis terletak pada kedalamannya. Pada sulam alis, Anda tidak perlu menyuntik tintanya terlalu dalam ke kulit. Karena itulah, Anda tidak perlu mencukur alis sampai habis. 

Sedangkan pada proses tato alis, tinta harus disuntikkan lebih dalam ke permukaan kulit. Dengan begitu, hasil tato akan lebih bagus dan tahan lama. Inilah alasan kenapa bulu alis harus dicukur habis ketika memutuskan untuk melakukan prosedur tato alis. Selain agar tinta bisa masuk sempurna, artis tato juga tidak terganggu dengan bulu saat proses penyuntikan. 

Apa Bedanya Sulam Alis dan Tato Alis

Rasa Sakit Ketika Proses Penyuntikan Tinta 

Apa bedanya sulam alis dan tato alis? Salah satu jawabannya ada pada rasa sakit yang ditimbulkan ketika proses penyuntikan tinta. Prosedur tato alis lebih sakit. Ini karena tinta harus disuntikkan lebih dalam ke permukaan kulit. 

Sedangkan prosedur penyulaman alis tidak terlalu sakit bahkan tidak sakit sama sekali. Proses penyuntikan tinta hanya dilakukan pada permukaan bagian atas kulit saja, sehingga jarum tidak harus menembus pelindung kulit.  

Waktu Pudarnya Warna Tinta 

Baik warna sulaman dan tato alis akan memudar seiring dengan waktu. Tapi, waktu pudar warna tinta pada alis berbeda. Warna tinta pada tato alis bisa bertahan lebih lama. Pasalnya, tinta disuntikkan lebih dalam ke area sekitar alis. 

Tidak begitu dengan sulam alis. Tinta hanya disuntikkan pada permukaan luar kulit saja. Selain itu, ada proses pengelupasan kulit secara alamiah. 

Karena itulah, waktu pudar hasil sulaman lebih cepat. Walaupun begitu, waktu pudar sulaman alis bisa mencapai 4 minggu bahkan 2 tahun tergantung dari kualitas dan perawatannya.  

Permanen vs Semi-Permanen 

Perlu diketahui juga bahwa tujuan dari sulam dan tato alis. Tato alis umumnya ditujukan untuk membuat pola atau gambar yang memang permanen di permukaan kulit. Karena itu, tato tidak akan hilang walaupun warnanya memudar. Anda perlu melakukan prosedur penghapusan menggunakan laser jika ingin menghilangkan tato tersebut. 

Walaupun tampak serupa, tapi sulam alis adalah prosedur dengan hasil semi-permanen. Artinya, tidak hanya warnanya saja yang pudar tapi hasil sulaman bisa hilang sama sekali. Kondisi alis pun bisa kembali ke kondisi semula jika tidak melakukan touch up

Penampakan Hasilnya pada Alis 

Anda juga bisa membedakan antara sulam dan tato alis dari hasilnya. Umumnya, tato alis hasilnya kurang alami. Bisa jadi, hasil tato alis tidak sesuai dengan lekukan alis yang asli, tergantung permintaan Anda. Tentu saja, hal ini karena tato identik dengan seni menggambar pada tubuh yang mana tubuh adalah kanvasnya. 

Sulam alis adalah prosedur kecantikan yang dilakukan untuk menyempurnakan kondisi alis, misalnya agar lebih tebal, lebih hitam, atau sesuai dengan lekukan. Karena itu, hasil sulaman lebih natural. Biasanya, hasil sulaman alis sulit dibedakan dengan aslinya ketika dilihat sepintas. 

Untuk mendapatkan pengetahuan lain mengenai seni sulam alis Anda bisa mengunjungi www.nathaniabeautybar.com. Layanan ini tidak hanya akan menjawab, apa bedanya sulam alis dan tato alis? Menariknya, Anda bisa langsung praktik menyulam alis dengan mengikuti kursusnya. 

Kursus menyulam alis ini didesain dengan kurikulum khusus. pembuat kurikulum dan mentornya pun sudah berpengalaman dan bersertifikat internasional! Nantinya, Anda tidak hanya mendapatkan teori tapi juga berbagai ilmu berharga sekaligus praktik langsung menyulam alis. Ilmu yang Anda dapatkan dari kursus ini bahkan bisa digunakan untuk memulai bisnis layanan sulam alis!    

This will close in 10 seconds